Proses Kerja Komputer atau Cara Kerja Sistem Komputer

Proses Kerja Komputer atau Cara Kerja Sistem Komputer - Pernahkah anda bertanya pada diri anda atau ke teman anda tentang "Bagaimana cara kerja sistem komputer"? mungkin kita bisa saja mengartikan sendiri, namun bila kita baru mengenal komputer mungkin sedikit membingungkan tentang cara kerja sistem komputer. Buat anda yang belum tahu dan dari pada harus bingung sendiri berikut singkat penjelasan tentang Cara Kerja Sistem Komputer.

Proses Kerja Komputer atau Cara Kerja Sistem Komputer

Prinsip Kerja Komputer

Pengolahan data yang menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data adalah suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna yaitu berupa sebuah informasi.

Supaya komputer yang kita gunakan untuk mengolah data menjadi sebuah informasi, maka diperlukan lah sistem yang kerap disebut sistem komputer. Sistem inilah yang harus saling terhubung sehingga membentuk satu kesatuan yang bisa digunakan untuk melakukan tujuan utama dari sistem tersebut.

Nah pada postingan ini akan saya jelaskan cara kerja dari sistem komputer tersebut. Mulai dari data dimasukan, diproses, sampai data tersebut dicetak atau ditampilkan.

Cara Kerja Sistem Komputer

#1. Input (Pemasukan)

Pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data ke dalam sistem komputer melalui peralatan masukan (input device). Contoh dari peralatan masukan diantaranya, keyboard, mouse, dan sebagainya. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang akan diolah.

#2. Pemrosesan (Process)

Pemrosesan (Process) merupakan tahap dimana data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses  oleh  CPU (central processing Unit). Yang mana CPU ini bisa melakukan perhitungan dan logika untuk perbandingan, dan juga mengontrol.  Pada tahap ini lah data yang diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.

#3. Pengeluaran (Output)

Nah pada tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU, lalu akan menghasilkan berupa informasi baik itu melalui monitor ataupun projektor, selanjutnya disimpan ke media penyimpanan (storage device) seperti hard disk ataupun lainya. Informasi ini dapat berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor.

Lihat juga: Gambar perangkat keras komputer berserta fungsinya

Jadi cara kerja sistem komputer bisa kita artikan secara singkat yaitu dimasukan, diproses lalu dikeluarkan menjadi informasi yang lebih bermanfaat. Sekian dan terimakasih itulah artikel yang bisa saya share tentang Proses Kerja Komputer atau Cara Kerja Sistem Komputer  semoga dapat bermanfaat buat kita semua.
PERHATIAN : [ Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa Like Ya Sob ^_^ Thanks ]

13 Responses to "Proses Kerja Komputer atau Cara Kerja Sistem Komputer "

  1. ngambil pertamax dulu ya.
    maaf saya lagi yg dapet

    ReplyDelete
  2. secara teorinya saya baru mengerti lewat artikel ini tentang cara kerja komputer mas.
    saya sebelumnya cuman tau memakai dan ngobok2 doang sih

    ReplyDelete
  3. wah pas banget nih buat yang lagi belajar komputer..

    ReplyDelete
  4. saya yang hanyalah pengguna pasif artinya cuman bisa makenya doang komputer teh, tanpa pernah mau tahu atau ngeh cara kerjanya...payah saya ya

    ReplyDelete
  5. klo ram komputer kerjanya bagmn mas ojik?

    ReplyDelete
  6. Jasa install windows Cibubur


    jasa install windows Cibubur kami melayani
    jasa install windows untuk wilayah Cibubur.
    bila bapak/ibu ingin install ulang dan tidak
    mau repot repot bawa ke reparasi komputer.
    jika bapak atau ibu sibuk. silahkan hubungi kami
    maka kami akan ketempat anda.
    Hub : 081294209696


    berikut ini aplikasi yang kami install:

    Aplikasi :

    1. Adobe Reader
    2. Mozzila Firefox
    3. Google Chrome
    4. Smadav Antivirus
    5. Avast Antivirus
    6. Ccleaner
    7. Winamp
    8. Vlc Player
    7.Winrar

    Office :
    Microsft Word
    Microsft Excel
    Microsft PowerPoint

    Software(Optional)

    Adobe Ilustrator
    Adobe InDesign
    Adobe Photoshop
    Corel Draw X4

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    http://www.mataharikomputer.com/jasa_install_windows_Cibubur.html

    ReplyDelete

InsyaAllah admin akan menjawab dengan cepat.