Fungsi Tombol F1 sampai F12 Pada Keyboard Komputer Atau Laptop

keyboard
Papan ketik komputer atau yang kerap di panggil keyboard komputer merupakan sebuah perangkat keras komputer (hardware) yang berguna sebagai alat masukan (input) data ke komputer. 

Tanpa sebuah keyboard, Sobat akan merasa kesulitan bila ingin melakukan sebuah kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan data. Oleh karena itu, keyboard komputer menjadi salah satu alat yang paling penting dalam pemrosesan data komputer. Berbagai tombol yang ada pada keyboard tentu memiliki fungsi tersendiri.

Sobat sebagai orang yang menjalankan komputer (brainware), tentu harus mengetahui fungsi dari masing-masing tombol yang ada. Penggunaan dari tombol F1 sampai F12 bisa dipengaruhi oleh sistem operasi komputer, software yang sedang dibuka, atau jenis platform dari komputer Sobat, misalnya Sobat membuka Ms.Office Word jika Sobat menekan tombol F1 pada Ms. Office  maka akan muncul window kecil yaitu window word help. Begitu juga dengan aplikasi yang lain akan muncul window kecil sesuai aplikasi yang Sobat buka.

Okey, dibawah ini ada beberapa fungsi dari tombol F1 sampai F12 pada keyboard komputer
  1. Fungsi tombol F1 : biasanya sering digunakan untuk membuka jendela bantuan (window help) pada suatu aplikasi
  2. Fungsi tombol F2 : yaitu biasanya juga orang termasuk saya sering menggunakan tombol F2 sebagai jalan pintas untuk mengganti (Rename) nama sebuah file
  3. Fungsi tombol F3 :  berfungsi sebagai fitur pencarian.
    Shift + F3 : biasanya sering dugunakan untuk memperbesar teks di Ms. Office Word 2007 atau 2010
  4. Fungsi tombol Alt+F4 : akan menutup jendela program yang sedang aktif di Microsoft Windows 
  5. Fungsi tombol F5 : Dalam semua browser Internet seperti Mozilla Firefox, Chrome ketika menekan F5 maka browser akan menyegarkan atau reload halaman (membuka kembali halaman) atau jendela dokumen.
  6. Fungsi tombol F6 : Pindahkan kursor ke Address bar di browser misalnya Mozilla Firefox , maka semua alamat url di addres bar akan terblok.
  7. Fungsi tombol F7 : Biasanya digunakan untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa memeriksa dokumen Microsoft dalam program seperti Microsoft Word, Outlook, dan lain lain
  8. Fungsi tombol F8 : fungsi dari tombol F8 ini yaitu ketika komputer kita sedang booting (baru menyala) maka kita akan dibawa ke Windows Safe Mode.
  9. Fungsi tombol F9 : Dengan Mac OS 10.3 atau yang lebih baru menunjukkan semua jendela yang terbuka, dan juga fungsinya Menggunakan tombol Fn dan F9 pada saat yang sama akan membuka Mission Control pada komputer Apple menjalankan Mac OS X.
  10. Fungsi tombol F10 : Pada Microsoft Windows mengaktifkan menu bar di aplikasi yang terbuka.
  11. Fungsi tombol F11 : Modus layar penuh (full screen) dalam semua modern browser Internet.
  12. Fungsi tombol F12 : fungsi dari tombol F12 ini yaitu untuk menyimpan hasil kerja pada Microsoft Word.
Inilah beberapa Fungsi tombol keyboard F1 sampai F12, sebenarnya masih banyak lagi fungsi yang lain. Misalnya Corel atau Photosotf mempunyai fungsi tombol F1 – F12 yang berbeda di beberapa fungsi. 
PERHATIAN : [ Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa Like Ya Sob ^_^ Thanks ]

2 Responses to "Fungsi Tombol F1 sampai F12 Pada Keyboard Komputer Atau Laptop"

  1. aku bisanya pake lptop paling cuma buat liatin berita. abis aku ga tau pengoperasian tombol 2

    ReplyDelete
  2. hehe sama gan, aku juga baru tahu

    ReplyDelete

InsyaAllah admin akan menjawab dengan cepat.